Trik Menentukan Model Server yang Cocok dengan Perusahaan Anda

Distributor Hewlett Packard IndonesiaKetika memulai merintis jasa startup jangan pernah menyepelekan soal pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda dipakai. Karena hal ini dapat menjadi sebuah elemen penting yang menentukan keberhasilan usaha Anda di masa yang akan datang. Menurut yang mesti dipertimbangkan pertama kali sebelum menentukan ragam server ialah mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Apakah server akan diaplikasikan untuk keperluan kompleks, sedang, atau sebatas dipakai untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di awal, Anda kemudian baru bisa mempertimbangkan jenis server yang cocok untuk usaha  Anda.

Trik Menentukan Model Server yang Cocok dengan Perusahaan Anda


Saat ini kebutuhannya, tipe server dibagi ke dalam 4 kategori, ialah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kemampuan dari tiap-tiap server ini? Mari Kita simak lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga diketahui juga dengan nama entry level server. Server jenis ini lazim diterapkan dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah komputer atau client yang sedikit, sekitar untuk 10-20 PC.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount cukup banyak digunakan karena wujudnya yang tipis dan mudah ditaruh pada rak server.
Jenis server ini sangat tepat untuk perusahaan skala kecil untuk diciptakan pusat data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan kapasitas pengguna pc antara 20 hingga 100 orang bisa memilih server jenis ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kemampuan yang lebih bagus dibandingikan dengan server model entry level. Kebanyakan midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai daya cadangan untuk menjaga server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat menghandle sebagian tugas secara bersamaan. Server ini bisa melakukan sebagian tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, membatasi cara pembagian file, dan menjalankan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekstension sehingga dapat meyimpan lebih banyak data saat perusahaan berkembang lebih pesat. Beberapa, server jenis ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, penyimpanan data, dan memory RAM.

Blade server

Model Blade server tidak memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, meskipun demikian server jenis ini mempunyai keunggulan tersendiri bila dibandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Jenis desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan model ini terhubung dengan sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh sebab itu, server ini mampu mengaplikasikan penyuplai daya, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya kalau ada satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Jenis server ini sesuai untuk usaha kelas menengah ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, website kabar, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server merupakan model server paling tinggi. Server ini mampu menciptakan kinerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server bisa mengakomodasi lebih dari 1.000 user yang bergantung pada database yang besar.
Server ini umumnya digunakan oleh perusahaan besar, seperti jasa penerbangan, bank, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, hospital,dan jasa game online.
Enterprise server umumnya disusun di dalam ruangan khusus dengan bentuk seperti rak yang berisikan komputer. Server macam ini memerlukan ruang yang cukup luas dengan metode pendingin ruangan yang optimal agar server bisa bekerja dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, meski cuma satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang sangat signifikan bagi usaha yang menerapkannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang bisa dipercaya setiap waktu.
Menentukan server yang tepat akan berdampak pada performa perusahaan, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server dapat berdampak buruk, bisa berupa server yang tidak sanggup mengakomodasi kerja pemakai atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efisien dalam hal pendanaan. Kesalahan ini mampu mengakibatkan perusahaan rugi secara keuangan, kesalahan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Umroh di Usia Muda

Trik Menentukan Macam Server yang Cocok dengan Jasa Anda

Metode Pilih Model Server yang Layak dengan Jasa Anda