Kisi-kisi Memilih Model Server yang Sesuai dengan Jasa Anda

Simplivity Hyper ConvergenceDikala memulai merintis bisnis startup jangan pernah meremehkan tentang pemilihan variasi server yang nantinya akan Anda diterapkan. Karena hal ini dapat menjadi satu elemen utama yang memastikan keberhasilan jasa Anda di masa yang akan datang. Menurut yang mesti dipertimbangkan pertama kali sebelum pilih jenis server merupakan mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan dipakai untuk kebutuhan high, sedang, atau hanya diaplikasikan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan di permulaan, Anda kemudian baru dapat mempertimbangkan tipe server yang cocok untuk bisnis  Anda.

Kisi-kisi Memilih Model Server yang Sesuai dengan Jasa Anda


Sekarang ini kebutuhannya, jenis server dibagi ke dalam 4 klasifikasi, ialah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kemampuan dari masing-masing server ini? Yuk Kita lihat lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga dikenal juga dengan nama entry level server. Server jenis ini biasanya diaplikasikan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah pc atau client yang kecil, sekitar untuk 10-20 computer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak diterapkan karena bentuknya yang tipis dan mudah ditaruh pada rak server.
Jenis server ini sangat cocok untuk perusahaan skala kecil untuk dibuat sentra data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan kapasitas pengguna laptop antara 20 sampai 100 orang bisa menggunakan server jenis ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kemampuan yang lebih baik dibandingkan server jenis entry level. Rata-rata midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai kekuatan back up untuk mempertahankan server tetap menyala terus.

Midrange server sanggup menghandle beberapa tugas secara beriringan. Server ini mampu mengerjakan sebagian tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, mengontrol cara pembagian file, dan melaksanakan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli mempunyai fitur ekspansi sehingga bisa meyimpan lebih banyak data dikala perusahaan tumbuh lebih pesat. Beberapa, server model ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Tipe Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi, walaupun begitu server tipe ini mempunyai keistimewaan tersendiri apabila dibandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Jenis desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan macam ini tersambung dengan sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini mampu menggunakan penyuplai tenaga, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya bila ada satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Tipe server ini tepat untuk perusahaan kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, website informasi, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yaitu macam server paling tinggi. Server ini dapat menciptakan kinerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server dapat menampung lebih dari seribu user yang bergantung pada database yang sangat besar.
Server ini biasanya diaplikasikan oleh perusahaan besar, seperti jasa aviation, bank, kantor pemerintahan, supplier, stasiun TV, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server biasanya disusun di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisikan komputer. Server tipe ini memerlukan ruang yang cukup lega dengan cara pendinginan ruangan yang maksimal agar server dapat bekerja dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, meski hanya satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang lumayan signifikan bagi usaha yang mengaplikasikannya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang dapat dipercaya setiap waktu.
Memilih server yang ideal akan berdampak pada kinerja bisnis, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server bisa berdampak jelek, bisa berupa server yang tidak dapat mengakomodasi kerja pengguna atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efisien dalam hal pendanaan. Kekeliruan ini bisa mengakibatkan usaha rugi dari sisi keuangan, kesalahan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang kurang perihal server.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Umroh di Usia Muda

Trik Menentukan Macam Server yang Cocok dengan Jasa Anda

Kiat-kiat Pilih Macam Server yang Sesuai dengan Usaha Anda