Kiat-kiat Pilih Macam Server yang Cocok dengan Jasa Anda

Distributor Hewlett Packard BandungKetika mulai merintis jasa startup jangan pernah mengeyampingkan soal pemilihan macam server yang nantinya akan Anda digunakan. Sebab hal tersebut dapat menjadi sebuah elemen utama yang memastikan keberhasilan jasa Anda di masa depan. Berdasarkan yang harus dipertimbangkan pertama kali sebelum menentukan macam server yaitu mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan digunakan untuk keperluan rumit, sedang, atau sebatas diaplikasikan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan di permulaan, Anda kemudian baru bisa memastikan macam server yang cocok untuk bisnis  Anda.

Kiat-kiat Pilih Macam Server yang Cocok dengan Jasa Anda


Saat ini keperluannya, tipe server dibagi ke dalam empat klasifikasi, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kelebihan dari masing-masing server tersebut? Yuk Kita simak lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga disebut juga dengan nama server tahap awal. Server model ini biasanya diaplikasikan dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah pc atau client yang sedikit, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh PC.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak diterapkan karena formatnya yang tidak memakan tempat dan mudah ditaruh pada rak server.
Macam server ini sangat sesuai untuk perusahaan berskala kecil untuk dijadikan pusat data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan kapasitas user laptop antara dua puluh sampai 100 orang dapat menggunakan server macam ini. Midrange server mempunyai spek dan kesanggupan yang lebih baik jika dibandingkan server tipe entry level. Pada umumnya midrange server telah dilengkapi dengan sistem pendingin dan penyuplai tenaga back up untuk mempertahankan server tetap menyala terus.

Midrange server bisa melakukan sebagian tugas secara bersamaan. Server ini bisa melaksanakan beberapa tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, memegang sistem pembagian file, dan melakukan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli mempunyai fitur ekstension sehingga sanggup meyimpan lebih banyak data dikala perusahaan tumbuh lebih pesat. Beberapa, server model ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, kapasitas penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Tipe Blade server belum memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, meskipun begitu server jenis ini mempunyai keistimewaan tersendiri kalau diperbandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Tipe desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan model ini terhubung pada sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh sebab itu, server ini bisa mengaplikasikan penyuplai kekuatan, pendingin, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya jika ada satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Model server ini tepat untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, web info, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni jenis server paling tinggi. Server ini bisa menghasilkan daya kerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server dapat menampung lebih dari seribu pengguna yang bertumpu pada database yang sangat besar.
Server ini lazimnya diaplikasikan oleh perusahaan besar, seperti jasa penerbangan, bank, kantor pemerintahan, supplier, stasiun TV, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server lazimnya disusun di dalam ruangan tertentu dengan bentuk seperti rak yang berisi komputer. Server macam ini memerlukan ruang yang cukup lega dengan sistem pendingin ruangan yang optimal supaya server bisa bekerja dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, meski hanya satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang lumayan signifikan bagi usaha yang menerapkannya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang sanggup dipercaya setiap waktu.
Memilih server yang pas akan berdampak pada performa perusahaan, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server bisa berakibat jelek, bisa berupa server yang tidak menampung pekerjaan pengguna atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efisien dalam hal pendanaan. Kesalahan ini mampu mengakibatkan bisnis rugi dari sisi financial, kesalahan ini pun didasari oleh pengetahuan yang lemah seputar server.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Umroh di Usia Muda

Trik Menentukan Macam Server yang Cocok dengan Jasa Anda

Kiat-kiat Pilih Macam Server yang Sesuai dengan Usaha Anda