Kiat-kiat Menentukan Model Server yang Pantas dengan Jasa Anda

Harga Rack Server 20uKetika mulai merintis bisnis startup jangan pernah mengeyampingkan soal pemilihan variasi server yang nantinya akan Anda digunakan. Sebab hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor prioritas yang menentukan keberhasilan usaha Anda di masa yang akan datang. Berdasarkan yang seharusnya dipertimbangkan saat pertama kali sebelum menentukan variasi server ialah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan digunakan untuk kebutuhan kompleks, sedang, atau cuma diaplikasikan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu keperluan di awal, Anda kemudian baru bisa menetapkan tipe server yang sesuai untuk layanan  Anda.

Kiat-kiat Menentukan Model Server yang Pantas dengan Jasa Anda


Saat ini keperluannya, jenis server dibagi ke dalam 4 klasifikasi, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kesanggupan dari masing-masing server ini? Mari Kita lihat lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga diketahui juga dengan nama server tahap awal. Server jenis ini umumnya dipakai dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah komputer atau client yang sedikit, sekitar untuk 10-20 PC.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak diaplikasikan karena wujudnya yang tipis dan gampang ditaruh pada rak server.
Model server ini sangat sesuai untuk perusahaan berskala kecil untuk dijadikan sentra data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan kapasitas pengguna computer antara dua puluh hingga seratus orang bisa menggunakan server jenis ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kemampuan yang lebih bagus jika dibandingkan server jenis entry level. Rata-rata midrange server telah dilengkapi dengan pendingin dan penyuplai energi cadangan untuk mempertahankan server tetap menyala terus.

Midrange server dapat melakukan sebagian tugas secara berbarengan. Server ini bisa menjalankan beberapa tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, memegang metode pembagian data, dan menjalankan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekstension sehingga mampu simpan lebih banyak data saat perusahaan tumbuh dengan cepat. Sebagian, server jenis ini menawarkan ekstension untuk prosesor, kapasitas penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Tipe Blade server tidak memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, meskipun demikian server macam ini memiliki keunikan tersendiri kalau dibandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Model desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan macam ini terhubung pada sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh sebab itu, server ini dapat memakai penyuplai tenaga, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya jikalau ada salah satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Jenis server ini tepat untuk perusahaan kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, laman info, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah jenis server paling tinggi. Server ini bisa menghasilkan kinerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server bisa menampung lebih dari seribu user yang bergantung kepada database yang sangat besar.
Server ini biasanya diterapkan oleh usaha besar, seperti jasa penerbangan, bank, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server lazimnya disusun di dalam ruangan khusus dengan bentuk seperti rak yang berisi komputer. Server macam ini membutuhkan ruangan yang cukup lega dengan metode pendinginan ruangan yang optimal agar server mampu bekerja dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang sangat signifikan bagi perusahaan yang memakainya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang mampu diandalkan setiap saat.
Menentukan server yang tepat akan berakibat pada performa usaha, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server bisa berdampak buruk, bisa berupa server yang tidak dapat menampung kerja pemakai atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efisien dalam hal keuangan. Kekeliruan ini mampu mengakibatkan perusahaan rugi dari sisi financial, kesalahan ini pun didasari oleh pengetahuan yang kurang perihal server.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Umroh di Usia Muda

Trik Menentukan Macam Server yang Cocok dengan Jasa Anda

Kiat-kiat Pilih Macam Server yang Sesuai dengan Usaha Anda